Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai strategi pemasaran jasa pendidikan di MA Al-Ma’had An-Nur, serta mengetahui faktor pendukung, penghambat serta solusi yang ditawarkan peneliti yang berkaitan dengan terselenggaranya pemasaran jasa pendidikan di MA Al-Ma’had An-Nur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik wawancara, observasi, dan triangulasi. Analisa data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi Pemasaran jasa pendidikan di MA Al-Ma’had An-Nur dilaksanakan melalui penerapan Marketing MIX (produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik dan proses). (2) Penerepan Jasa Pendidikan di MA Al-Ma’had An-Nur meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.(3) faktor pendukung adalah sekolah yang terintegrasi antara kurikulum sekolah dan kepesantrenan. Faktor penghambat, sistem sekolah yang terintegrasi antara kurikulum sekolah dan pesantren belum berjalan secara total, disebabkan standar penerimaan peserta didik baru terlalu tinggi. Solusi yang ditawarkan peneliti adanya kelas pra MA  yang diperuntukan bagi peserta didik yang lulus seleksi, namun tidak atau kurang masuk kualifikasi standar penerimaan peserta didik baru.

Keywords

Education Marketing Strategy, MA Al-Ma'had An-Nur

Article Details

How to Cite
Sugiyanto, N. W., & Santosa, S. (2021). Strategi Pemasaran Sekolah Berbasis Pesantren. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 13(1), 90–115. https://doi.org/10.37252/an-nur.v13i1.105