Main Article Content
Abstract
This research aims to analyze the social action of students in elementary school about reading habits Asmaul Husna using Max Weber social action concepts. The type of research used is that library research by qualitative approach. The research techniques chosen by the researcher is documentation and analysis from a variety of books and journals or sources being relevant. The data sources are from some references to the book and journal. The finding research is social action with Max Weber theory approach becoming main references how and why students following Asmaul Husna reading habits by variety motive and purposes. The conclusion gotten by this research is that Max Weber has a strategy and social approach where the implementation of Asmaul Husna on students, students’ concept, action and tradition that have the main role in the habit processes.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abd Rahman, R. (2011). “Memahami Esensi Asmaul Husna dalam Alqur’an.” Jurnal Adabiyah Vol. Xi Nomor 2, No. 1.
- Adib, Noblana. (2017). “Faktor-Faktor Penyebab Penyimpangan dalam Penafsiran Al-Quran.” Mawa’izh: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 8, No. 1.
- Andriyani, Andriyani, And Margono Mitrohardjono. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Sifat-Sifat Allah Melalui Pembelajaran Al-Asma’al- Husna dengan ‘Metode 2-2’(Studi Kasus di Lab School FIP UMJ).” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam 3, No. 1.
- Bryan S, Turner. (2012). “Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern.” Pustaka Pelajar.
- Damayanti, Sofira. (2018). “Makna Jilbab Sebagai Simbol Keislaman (Studi Tentang Perubahan Perilaku Mahasiwa Universitas Negeri Surabaya Setelah Menggunkan Jilbab).” Universitas Airlangga.
- Jones, Pip, And Achmad Fedyani Saifuddin. (2010). “Pengantar Teori-Teori Sosial: Dari Teori Fungsionalisme Hingga Post-Modernisme= Introducing Social Theory,”.
- Mar’ah. (2015). “Gaya Belajar dan Faktor Pengaruhnya Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak Tahun Pelajaran 2015/2016.” Skripsi. Http://Eprints.Walisongo.Ac.Id/5170/1/113811022.Pdf.
- Muhammad, Maryam. (2017). “Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 4, No. 2.
- Muhlis, Alis, And Norkholis Norkholis. (2016). “Analisis Tindakan Sosial Max Weber dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtashar Al-Bukhari (Studi Living Hadis).” Jurnal Living Hadis 1, No. 2.
- Paramita, Eka Putri, And I Wayan Suadnya. (2018). “Analisis Kritis Penyebab Konflik dalam Kelompok Masyarakat Kota Mataram Ditinjau dari Perspektif Komunikasi.” Media Bina Ilmiah 12, No. 9.
- Prastowo, Rokmad. (2008). “Karakteristik Sosial Ekonomi dan Perilaku Kerja Perempuan Pedagang Asongan.” Skripsi Universitas Sebelas Maret.
- Rohman, Syaifur. (2020). “Pembiasaan Membaca Asmaul Husna untuk Menjaga Potensi Aqidah pada Anak.” Dimar: Jurnal Pendidikan Islam 1, No. 2.
- Samuel, Hanneman. (2010). “Emile Durkheim: Riwayat, Pemikiran, dan Warisan Bapak Sosiologi Modern.” Jakarta: Kepik Ungu.
- Supraja, Muhammad. (2012). “Alfred Schutz: Rekonstruksi Teori Tindakan Max Weber.” Jurnal Pemikiran Sosiologi 1, No. 2.
- Analisis Tindakan Sosial Max Weber dalam Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Peserta Didik MI/SD ( 151 )
- Walgito, Bimo. (2004). “Pengantar Psikologi Umum.” Yogyakarta: Andi Offset. Wirawan, D R I B. (2012). Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma: Fakta Sosial, Definisi Sosial, dan Perilaku Sosial. Jakarta: Kencana.
References
Abd Rahman, R. (2011). “Memahami Esensi Asmaul Husna dalam Alqur’an.” Jurnal Adabiyah Vol. Xi Nomor 2, No. 1.
Adib, Noblana. (2017). “Faktor-Faktor Penyebab Penyimpangan dalam Penafsiran Al-Quran.” Mawa’izh: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 8, No. 1.
Andriyani, Andriyani, And Margono Mitrohardjono. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Sifat-Sifat Allah Melalui Pembelajaran Al-Asma’al- Husna dengan ‘Metode 2-2’(Studi Kasus di Lab School FIP UMJ).” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam 3, No. 1.
Bryan S, Turner. (2012). “Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern.” Pustaka Pelajar.
Damayanti, Sofira. (2018). “Makna Jilbab Sebagai Simbol Keislaman (Studi Tentang Perubahan Perilaku Mahasiwa Universitas Negeri Surabaya Setelah Menggunkan Jilbab).” Universitas Airlangga.
Jones, Pip, And Achmad Fedyani Saifuddin. (2010). “Pengantar Teori-Teori Sosial: Dari Teori Fungsionalisme Hingga Post-Modernisme= Introducing Social Theory,”.
Mar’ah. (2015). “Gaya Belajar dan Faktor Pengaruhnya Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak Tahun Pelajaran 2015/2016.” Skripsi. Http://Eprints.Walisongo.Ac.Id/5170/1/113811022.Pdf.
Muhammad, Maryam. (2017). “Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 4, No. 2.
Muhlis, Alis, And Norkholis Norkholis. (2016). “Analisis Tindakan Sosial Max Weber dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtashar Al-Bukhari (Studi Living Hadis).” Jurnal Living Hadis 1, No. 2.
Paramita, Eka Putri, And I Wayan Suadnya. (2018). “Analisis Kritis Penyebab Konflik dalam Kelompok Masyarakat Kota Mataram Ditinjau dari Perspektif Komunikasi.” Media Bina Ilmiah 12, No. 9.
Prastowo, Rokmad. (2008). “Karakteristik Sosial Ekonomi dan Perilaku Kerja Perempuan Pedagang Asongan.” Skripsi Universitas Sebelas Maret.
Rohman, Syaifur. (2020). “Pembiasaan Membaca Asmaul Husna untuk Menjaga Potensi Aqidah pada Anak.” Dimar: Jurnal Pendidikan Islam 1, No. 2.
Samuel, Hanneman. (2010). “Emile Durkheim: Riwayat, Pemikiran, dan Warisan Bapak Sosiologi Modern.” Jakarta: Kepik Ungu.
Supraja, Muhammad. (2012). “Alfred Schutz: Rekonstruksi Teori Tindakan Max Weber.” Jurnal Pemikiran Sosiologi 1, No. 2.
Analisis Tindakan Sosial Max Weber dalam Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Peserta Didik MI/SD ( 151 )
Walgito, Bimo. (2004). “Pengantar Psikologi Umum.” Yogyakarta: Andi Offset. Wirawan, D R I B. (2012). Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma: Fakta Sosial, Definisi Sosial, dan Perilaku Sosial. Jakarta: Kencana.