Journal Description

An-Nur: Jurnal Studi Islam (P-ISSN 1829-8753, E-ISSN 2502-0587) is a periodical scientific journal published by Institute of Qur'anic Science (IIQ) An Nur Yogyakarta. This journal specializes in Islamic studies. The manager welcomes contributions in the form of articles from scientists, scholars, professionals, and researchers in Islamic disciplines to be published and disseminated after going through the mechanism of selection of manuscripts, reviewing sustainable partners, and editing processes. All articles published in this journal are the views of their authors and do not represent this journal or its affiliated authors. An-Nur: Jurnal Studi Islam published twice a year in June and December.

An-Nur: Jurnal Studi Islam
Volume 13, Number : 1
June 29, 2021
Current Issue

Vol. 13 No. 2 (2021): An-Nur: Jurnal Studi Islam

An-Nur: Jurnal Studi Islam pada edisi kali ini (Volume 13 Nomor 2 Tahun 2021) menerbitkan tujuh artikel pilihan yang terkait studi Islam (pendidikan Islam, hukum Islam, teks Fikih, dan seterusnya). Artikel pertama berjudul “Analisis Tindakan Sosial Max Weber dalam Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Peserta Didik MI/SD” yang ditulis oleh Vivin Devi Prahesti dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Artikel ini menarik karena mencoba memahami rutinitas membaca Asmaul Husna yang dilakukan oleh anak-anak Sekolah Dasar dengan konteks teori tindakan sosial Max Weber.

Artikel kedua yang berjudul “Pengembangan Kurikulum PAI di Madrasah” yang ditulis oleh Nur Azizah Ashari, mahasiswa S2 UIN Sunan Kalijaga. Artikel ini mencoba mengungkap bagaimana mengembangkan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di ruang-ruang madrasah. Hal ini penting karena setiap kurikulum yang telah dilakukan harus membutuhkan pengembangan, sehingga pengoptimalannya semakin baik ke depannya. 

Artikel ketiga berjudul “Kajian Penerapan Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 35 pada Pondok Pesantren”. Artikel ini ditulis oleh Listiyowati, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IIQ An Nur Yogyakarta. Artikel ini menarik untuk dipahami dan menjadi bahan refleksi karena pondok pesantren, mau tidak mau, perlu mentertibkan berbagai macam administrasinya, salah satunya dengan menerapkan administrasi keuangannya.

Artikel keempat adalah “Materi Khitan sebagai Sarana Pendidikan Seks pada Mata Pelajaran Fikih MI”. Artikel ini hasil kolaborasi antara antara dosen dan mahasiswa dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Artikel ini mengungkap bahwa materi khitan pada Mata Pelajaran Fikih menjadi unsur penting dalam pendidikan seks sejak dini. Artikel kelima adalah “Revitalisasi Permainan Tradisional dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal-Religius pada Anak”, yang ditulis oleh tiga penulis kolaborasi dari tiga perguruan tinggi, yakni IIQ An Nur Yogyakarta, IAIN Metro Lampung, dan STAI Muhammadiyah Probolinggo. Artikel ini merefleksikan kembali pentingnya memahami permainan tradisional yang akhir-akhir ini telah tergantikan oleh permainan modern yang serba digital. 

Artikel keenam adalah “Menjawab Kebekuan Fikih Indonesia dengan Filsafat Hukum Islam” yang ditulis oleh Ihyak, dosen STAI Yogyakarta. Artikel ini secara serius mencoba memberikan salah satu alternatif solusi untuk ‘mencairkan’ kebekuan Fikih, agar dapat diterima secara dinamis oleh siapapun dan di manapun seseorang itu berada. Artikel ketujuh adalah “Model Regulasi dalam Pengembangan Karakter Religius MIN 1 Jombang”. Artikel ini hasil kolaborasi dari dosen Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta dan dosen UIN Sunan Ampel Surabaya. Artikel ini mengungkap bagaimana model self-regulated mampu dikembangkan sedemikian rupa dalam rangka meningkatkan karakter religius sejak sedini mungkin. 

Semoga artikel-artikel hasil analisa dan penelitian yang diterbitkan kali ini dapat memperkaya para pembaca dengan berbagai macam kajian Studi Islam, sehingga keberadaanya dapat dirasakan manfaatnya bagi mulai dari mahasiswa, akademisi, profesional, pendidik, sampai praktisi kajian-kajian keislaman.

Salam Redaksi
Ahamd Shofiyuddin Ichsan
Pimpinan Redaksi

Published: Dec 31, 2021

View All Issues