Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas prosedur pengembangan Lembar Kerja Siswa sebagai bahan ajar pada Mata Pelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD) dan hasil uji kelayakan Lembar Kerja Siswa sebagai bahan ajar pada Mata Pelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini adalah untuk menyusun lembar kerja siswa terdapat beberapa langkah yakni (1) pencarian dan pengumpulan data, (2) perencanaan (3) mengembangkan bentuk produk awal, (4) Uji lapangan awal, (5) Analisis dan revisi produk tahap 1, (6) Uji coba lapangan (7) analisis dan revisi produk II, (8) uji coba lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir,(10) pengimplementasian. Namun karena penelitian ini hanya uji coba terbatas maka hanya sampai pada tahap ke 9. Adapun hasil validasi media memiliki nilai 84%, hasil validasi materi 100%, hasil responden siswa menunjukkan hasil 89 %, dan uji coba tahap operasional mendapatkan nilai 97% dengan kategori “sangat baik”.

Keywords

Pengembangan Lembar Kerja, Bahan Ajar, Tematik, Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Agustien, E. I., & Delimanugari, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa sebagai Bahan Ajar pada Mata Pelajaran Tematik di Sekolah Dasar. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 1(1), 40–58. Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/QuranicEdu/article/view/111