Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 MI Sananul Ula Piyungan Bantul Yogyakarta di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) upaya guru mapel al-Qur’an Hadis kelas 2 MI Sananul Ula dalam meningkatkan hasil belajar siswa tahun pelajaran 2020-2021, antara lain: penggunaan WhatsApp untuk memudahkan interaksi, dan mengatur kelas online dengan WhatsApp, (2) hasil upaya guru tersebut adalah berdasarkan nilai rapot yang peneliti dapatkan dari guru al-Qur’an Hadis kelas 2 MI Sananul Ula mununjukkan bahwa hasil belajar siswa siswi MI Sananul Ula semakin meningkat. Adapun faktor pendukung atas upaya yang dilakukan guru yaitu: (1) mudahnya pengguaan WhatsApp, (2) aplikasi ringan dan familiar, (3) keberadaan wali murid yang bersedia mendampingi anak belajar, (4) sumber belajar beragam tersedia dengan berbagai format, (5) koreksi hasil belajar menjadi fleksibel. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: (1) sinyal di area pedesaan yang tidak stabil, (2) perangkat handphone atau laptop sering dipakai orang tua untuk bekerja, (3) perangkat handphone dipakai bergiliran dengan saudara yang juga mengerjakan tugas sekolah, (4) banyak grup WhatsApp, sehingga performa smartphone menurun, dan (5) siswa tergoda membuka hal selain yang terkait dengan pembelajaran.

Keywords

Guru Al Qur'an Hadis Hasil Belajar Madrasah Ibtidaiyah

Article Details

How to Cite
Miftahurrohman, M., Ichsan, A. S., & Yunianta, R. D. (2021). Upaya Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 MI Sananul Ula Piyungan Bantul Yogyakarta pada Masa Pandemi. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 1(1), 19–39. Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/QuranicEdu/article/view/112