Interpretasi Pergeseran Makna dalam Penafsiran al-Qur'an:
Studi Semantik Ayat-Ayat Tadabbur
DOI:
https://doi.org/10.37252/jqs.v3i1.397Keywords:
Tadabbur, Semantika, Toshihiko IzutsuAbstract
Artikel ini mengkaji makna kata tadabbur dalam al-Qur'an untuk menjawab pergeseran makna terhadap kecenderungan kajian-kajian sebelumnya yang mengasosiasikan tadabbur dengan dampak etis praktis dalam kehidupan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semantik al-Qur’an Toshihiko Izutsu dalam menganalisis makna kata adabbur dengan menelusuri makna dasar dan relasionalnya kemudian melihat pergeseran makna Tadabbur dalam tiga lapisan waktu (historis). semantik), yaitu pra-Qur'anik, Qur'anik dan pasca-Qur'anik. Kajian ini menyimpulkan bahwa makna dasar dari kata Tadabbur adalah belakang sesuatu atau akhir sesuatu. Makna relasional Tadabbur melalui analisis sintagmatik berasosiasi dengan beberapa sistem kata, yaitu kata Allah, al-Qur'an, Tadzakkur dan ulul Albab¸ Musyrik & Munafik. Makna relasional dabbur melalui analisis paradigmatik berkaitan dengan kata Tafsir, Ta'wil, Tafakkur, Tafakkur. Perbedaannya, penggunaan kata Tadabbur, Tafsir dan Ta'wil khusus ditujukan untuk al-Qur'an sedangkan Tafakkur dan Tadzakkur memiliki objek yang lebih luas. Hasil analisis semantik historis, pada masa pra-Qur'an kata Tadabbur digunakan untuk menunjukkan aktivitas hati yang berkaitan dengan keinginan dan harapan. Kemudian pada masa al-Quran, Tadabbur memiliki sistem khusus sebagai imbauan memahami al-Qur'an yang ditujukan tidak hanya kepada umat Islam, melainkan juga kepada kaum kafir dan munafik. Orientasi makna Tadabbur dalam dunia al-Qur'an lebih mengarah pada penguatan tauhid. Adapun pada masa pasca-Qur'anic, para mufassir memberikan konsepsi Tadabbur yang difungsikan sebagaimana kata ????, ????? ???, ?????, ???? dan ????? untuk mengekstrak kandungan al-Qur'an, seperti; nasehat, peringatan, dan ancaman terhadap kemaksiatan. Makna orientasi etis terbawa kuat dalam konsepsi Tadabbur pasca-Qur'anic. Hal ini merupakan indikasi yang mempengaruhi kecenderungan penelitian terkini mengenai tadabbur yang dikaitkan dengan efek etis praktis.
Downloads
References
Ab? Hayy?n. (1993). al-Ba?r al-Mu???, Beirut: D?r al-Kutub al-‘Ilmiyah.
al-‘Amir?, Lab?d bin Rabi’ah. (t.t). Diw?n Lab?d bin Rabi’ah al-‘Amir?, Beirut: D?r ??dir.
Abdu al-B?q?, Muhammad Fu?d. (1947). al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fa? al-Qur’?n, Mesir, D?r al-Kutub al-Mi?riyah.
Abi Su’ud. (t.t). Irsyadu al-Aqli as-Sal?m, Beirut: D?r Ihya’ at-Turats al-‘Arabi.
Abu Hayyan. (2010). al-Bahrul al-Muhith, Beirut: D?r al-Kutub al-‘Ilmiyah.
Ahmad, Riqza. (2019). al-Qur’an & Ulum al-Qur’an MindMap, Kudus: PT. Buya Barakah.
al-A?fahani, ar-R?gib. (t.t). al-Mufrad?t fi Gar?bi al-Qur’an, Beirut: D?r al-Ma’rifat.
al-Zamakhsyari, Muhammad bin Umar. (2009). Tafsir al-Kasyaf, Beirut: D?r al-Ma’rifat.
al-Bai??w?, Abdullah bin Umar. (1998). Tafs?r al-Bai??w?, Beirut: D?r I?ya’ al-Tur?t al-‘Arab?.
al-Baq?’?, Burh?n al-d?n. (t.t). Na?mu al-Durar f? Tan?subi al-Ay?t wa as-Suwar, Kairo: D?r al-Kit?b al-Isl?m?.
al-Fayr?z Abady, Muhammad bin Ya'q?b. (1995). Qamus al-Muh??, Lebanon : D?r Alfikr.
Habanakah al-Maidani, Abdurrahman. (1980). Qow?’?du at-Tadabburi al-Amtsal li Kit?billah, Dar al Qolam: Damaskus.
Hakim, Ahmad Husnul. Kaidah-kaidah penafsiran, Depok: Lingkar Studi al-Qur’an, 2017.
_______. Ensiklopedi Kitab-Kitab Tafsir, Depok: Lingkar Studi al-Qur’an, 2013
Hamd?n, A’sy?. (1983). Diw?n A’sy? Hamd?n wa Akhb?rah, Riyad: D?r al-‘Ul?m.
Husain Ibn Muhammad. (1983). Qamus al-Qur'an, Beirut: D?r al-Ilmi al-Malayin.
Husain, ?aha. (1993). al-?dab al-J?hili, Kairo : Faruq.
al-Husayny, Muhibbuddin ab? Fay?. (1994). Taj al-Ar?s min Jaw?hir al-Q?mus, lebanon: D?r al-Fikr.
Ibn Anas, M?lik. (1985). al-Muwa??a’, Beirut: D?r al-Tur?? al-‘Arab?.
Ibn ‘?sy?r, Muhammad al-??hir. (1984). Tafs?r al-Ta?r?r wa al-Tanw?r, Tunisia: D?r al-T?nisiyah.
Ibn A?iyah, Abd al-?aq bin G?lib. (2001). al-Mu?addaru al-Waj?z fi Tafs?r al-Kit?b al-‘Az?z, Beirut: D?r al-Kutub al-‘Ilmiyah.
Ibn Faris, Abi Husain Ahmad. (1979). Mu’jam Maq?y?s al-Lughoh, Beirut: D?r al-Fikr.
Ibn Hanbal, Ahmad. (2013). Musnad al-Im?m Ahmad bin Hanbal, Riyad: D?r al-Sal?m.
Ibnu Ka?ir, Lubab at-Tafsir. (2004). Terj. M. Abdul Ghoffar, dkk., Bogor: Pustaka Imam Syafi’I.
Ibn Mandhur. (t.t). Lis?n al-Arab, Beirut: D?r Sh?dir.
Ibn Sulaim?n, Muq?til. (2002). Tafs?r Muq?til bin Sulaim?n, Beirut: Mu’asisah at-T?r?kh al-‘Arab?.
Izutsu, Toshihiko. (1997). Relasi Tuhan dan Manusia, Pendekatan Semantik Terhadap Al-Qur’an, Terj. Agus Fahri Husein, Supriyanto Abdullah & Amirudin, Yogyakarta: PT Tiara Wacana.
_______. (1993). Konsep-Konsep Etika Religius dalam al Quran, Yogyakarta, Tiara Wacana Yogya.
Jalaluddin al-Mahalli dan Jalaluddin as-Suyu?i. (t.t). Tafsir al-Jalalain, D?r Ibnu Ka?ir.
al-Jauhari, Abu Nashr. (1987). as-Shihah T?j al-Lughah, Beirut: D?r al-Ilmu Lilmalaayiin.
Karnianto, Sigit. (2013). Kemampuan Berpikir Positif Mutadabbirin al Qur’an. Skripsi S1 : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Maisarah dkk., (2018). Keutamaan Amalan Tadabbur al-Qur’an Terhadap Pelajar Tahfiz. Jurnal at Turath Vol. 3 No. 2.
Ma’shum bin Ali. (1965). al-Am?ilatu at-Tashrifiyah, Maktabah as-Syaikh Salim bin Sa’ad.
al-Mar?g?, A?mad bin Mus?af?. (1942). Tafs?r al-Mar?g?, Mesir: Maktabah wa Ma?ba’ah Mi?r.
Mustaqim. (2016). Dinamika Sejarah Tafsir al-Qur’an, Yogyakarta : Idea Press.
al-R?z?, Mu?ammad ibn Umar Fakhr al-D?n. (1981). Maf?tih al-Ga?b, Beirut: D?r al-Fikr.
Rosy, Fathor. (2017). Kitab Tadabbur al-Qur’an Karya Bahtiar Nasir Dalam Prespektif Epistimologi. Tesis S2 : Pasca Sarjana UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Rumiani dkk., (2015). Terapi Tadabbur al Qur’an Untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Persalinan Pertama. Jurnal Intervensi Psikologi Vol. 7 No. 2, Desember.
al-?a’?lab?, Abd al-ra?man bin Mu?ammad. (1998). Tafs?r al-?a’?lab?, Beirut: D?r ‘I?y?’ al-Tur??al-‘Arab?.
al-Samarqand?, Na?ir bin Mu?ammad bin A?mad. (1993). Tafs?r al-Samarqand?, Beirut: D?r al-Kutub al-‘Ilmiyah.
al-?an’?n?, Ab? Bakr ‘Abd ar-Raz?q. (2015). al-Mu?annaf li Imam al-?afi? Ab? Bakr ‘Abd ar-Raz?q, Beirut: D?r al-T???l.
Shihab, Muhammad Quraish. (2009). Tafsir al-Misbah, Ciputat: Lentera Hati.
_______.dkk. (2007). Ensiklopedi Al-Qur'an: Kajian Kosakata, Ciputat: Lentera Hati.
_______.dkk. (2013). Sejarah & ‘Ul?m al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Firdaus.
al-Suy???, Jal?l al-D?n. (2003). ad-Dur al-Man??r fi al-Tafs?r bi al-Ma’??r, Kairo: Markaz li Buh?? wa al-Diras?t al-‘Arabiyah.
al-Syauk?n?, Mu?ammad bin Al?. (2007). Fat?ul al-Q?d?r, Beirut: D?r al-Ma’rifah.
al-?abar?, Ab? Ja’far bin Jar?r. (2001). J?mi’ al-Bay?n ‘an Ta’w?l ‘ay al-Qur’an, Jizah: D?r Hijr.
al-Tabr?z?, Al-Kho??b. (1992). Syara? Diw?n ‘Antarah. Beirut: D?r al-Kit?b al-‘Arab?.
Tamim, Daris. (2017). Kerangka Kerja Bimbingan Dengan Pendekatan Tadabbur al Qur’an Untuk Pengembangan Karakter Sabar Remaja. Disertasi S3: Progam Studi Bimbingan dan Konseling, UPI, Bandung.
at-Than?hi,Mahmud Muhammad. (2008). Min Asr?ri al-Lughah fi al-Kitab wa as-Sunnah, Makkah: D?r al-Fat?.
Yusron, Mumammad.dkk. (2006). Studi Kitab Tafsir Kontemporer, Yogyakarta: Teras.
a?-?ahabi, Muhammad Husain. (2010). Tafs?r wa al-Mufassir?n, Kuwait, D?r al-Naw?dir.
Zakirah, Nurul. (2014). Definisi Qawaid al-Tadabbur : Satu Analisis Perbandingan deangn Qawaid al-Tafsir. Jurnal Quranica Vol. 6 No. 1, Juni.
al-Zu?ail?, Wahbah. (2009). al-Tafs?r al-Mun?r, Damaskus: D?r al-Fikr.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rifqi Khoirur Rifqi Robiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.