About the Journal

Musala: Jurnal Pesantren dan Kebudayaan Islam Nusantara (JPKIN) Merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Yogyakarta. JPKIN Terbit 2 kali dalam satu tahun pada bulan Januari dan Juli. Jurnal Ilmiah Musala fokus pada isu-isu kepesantrenan dan kebudayaan islam nusantara. Kami mempersilakan para santri dan cendekiawan, mulai dari dosen, mahasiswa, periset yang menekuni bidang pesantren dan kebudayaan Islam Nusantara untuk menjadi penulis di jurnal MUSALA.  Silakan melakukan pengiriman artikel di sini.

Fokus dan Ruang Lingkup Kajian

Cakupan tema kepesantrenan dan kebudayaan Islam Nusantara sangat luas seperti tradisi pesantren, kajian keilmuan di pesantren, peran santri dan kiai bagi masyarakat, sejarah dan kebudayaan pesantren, tadisi islam nusantara. 

Kami tidak membatasi kajian-kajian sosial dan antropologi di pesantren, sabab pesantren memiliki karakteristik yang sangat erat dengan nilai-nilai sosiologis antropologis.

Daya Dukung

Jurnal Musala: Jurnal Kepesantrenan dan Kebudayaan Islam Nusantara secara penuh didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IIQ An-Nur Yogyakarta. 

Kebijakan Privasi

Semua informasi pribadi penulis hanya digunakan untuk kepentingan penerbitan artikel di Jurnal Musala. Kami tidak akan mempergunakan informasi pribadi penulis untuk kepentingan yang lainnya.