Peningkatan Kualitas Bacaan Kitab Kuning bagi Santri Desa di Pondok Pesantren Wali Songo Pleret Bantul

Penulis

  • Muhammad Khabibullah Pondok Pesantren Wali Songo Pleret Bantul
  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
  • Muh. Subhan Ashari Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i1.176

Kata Kunci:

Kitab Kuning, Santri, Metode Sorogan, Pondok Pesantren

Abstrak

Penelitian ini mengungkap bagaimana meningkatkan bacaan kitab kuning melalui metode sorogan terhadap santri desa di Pondok Pesantren Wali Songo Pleret Bantul dan apa saja faktor dan penghambat dalam penerapan metode sorogan untuk meningkatkan bacaan kitab kuning santri desa di pesantren tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya ustaz dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning bagi santri desa yaitu dengan menerapkan metode sorogan dipandang sangat efektif. Hal ini didasari oleh tujuan pokok metode sorogan yaitu meningkatkan kualitas membaca, kepemahaman isi, dan dapat mengungkapkan isi bacaan. Tidak hanya itu, peningkatan itu terlihat juga dari banyaknya faktor pendukung dan minimnya faktor penghambat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afandi, Z. (2019). Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al-Mawaddah Kudus. Bisnis: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(1).

Arif, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Press.

Astuti, M. D. (2015). Metode Sorogan terhadap Pembelajaran Kitab Kuning. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Hamidah, N. (2017). Penerapan Metode Sorogan Pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantyren Yasin Muara Teweh. IAIN Palangkaraya.

Ichsan, A. S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Islam (Sebuah Analisis Implementasi GLS Di MI Muhammadiyah Gunungkidul). Al-Bidayah?: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 69–88. https://doi.org/10.14421/AL-BIDAYAH.V10I1.189

Ichsan, A. S. (2019a). Konstruksi Pendidikan Relasi Kiai dan Santri di Pondok Pesantren Lintang Songo Piyungan Yogyakarta (Sebuah Pendekatan Multidisipliner). Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, XI(1).

Ichsan, A. S. (2019b). Revisiting the Value Education in the Field of Primary Education (A Study on Abdurrahman An-Nahlawi’s Perspective). Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1643

Jamzuri, M. I. (2018). Penggunaan Metode Sorogan dalam Peningkatan kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Rukti Sediyo Raman Utara Lampung Timur. IAIN Metro Lampung.

Janah, N. (2018). Efektifitas Penerapan Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning. UIN Raden Intan Lampung.

Khulusinniyah, & Wassalwa, A. (2017). Reorientasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Pada Santri kalong Pondok Salafiyah Syafi’iyah Sukerejo. JPPI, 1(2).

M. Dian Nafi’. (2007). Praksis Pembelajaran Pesantren. PT LKiS Pelangi Aksara.

Maelani, D. (2020). Implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning. IAIN Purwokerto.

Masyhud, M. S. dkk. M. (2005). Managemen Pondok Pesantren. Diva Pustaka.

Miftahurrohman, M., Ichsan, A. S., & Yunianta, R. D. (2021). Upaya Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 MI Sananul Ula Piyungan Bantul Yogyakarta pada Masa Pandemi. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 1(1), 19–39. https://jurnalannur.ac.id/index.php/QuranicEdu/article/view/112

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tohir, K. (2019). Model Pendidikan Pesantren Salafi. Scopindo Media Pustaka.

Wahid, A. (1999). Pesantren Masa Depan. Pustaka Hidayah.

Yusuf, S. A. M. M. A. C. N. & K. A. R. (2019). Tahfiz Teachers Ability in Teaching of the Subject Hifz Quran in Implementing Integrated Curriculum Tahfiz (KBT) Secondary Schools. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(5), 836 – 850. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v9-i5/6010

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-24

Cara Mengutip

Khabibullah, M., Ichsan, A. S., & Ashari, M. S. (2022). Peningkatan Kualitas Bacaan Kitab Kuning bagi Santri Desa di Pondok Pesantren Wali Songo Pleret Bantul. Musala : Jurnal Pesantren Dan Kebudayaan Islam Nusantara, 1(1), 64–78. https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i1.176

Terbitan

Bagian

Artikel