Ajaran Tarekat dalam Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren

Studi Implementasi Ajaran Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren Al-Madani Semarang

Penulis

  • Siti Asiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i2.313

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang implementasi ajaran Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah dalam Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Madani Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Sisitem pendidikan dan pengajaran yang ada di Pondok Pesantren Al-Madani Kota Semarang  yaitu sistem kalsikal, non klasikal, para santri wajib mukim di Pondok Pesantren, dan semua santri wajib mengimplementasikan ajaran Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyyah. Namun, ajaran tarekat yang diberlakukan untuk para santri tidak diimplementasikan secara ketat sebagaimana prosedur yang diberlakukan oleh para para pengikut tarekat secara resmi yang sudah di bai’at. Tetapi disini para santri lebih kepada pengamal tarekat Qadiriyyah wa Nasyabandiyyah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anwar, Rosihon. (2009). Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.

Bungin, M. Burhan. (2010). Penelitian Kualitatif, Edisi Pertama, Cetakan Ke-4.

Jakarta: Kencana.

Harun, Salman. (1998). Sistem Pendidikan Islam, Cet.II. Bandung: Al-Ma’arif.

Hasbullah. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan . Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Jamil, Muhammad. (2013). Akhlak Tasawuf. Ciputat: Referensi.

Junaidi, Khalid. (2016). Sistem Pesndidikan Pondok Pesantren Di Indonesia. Scientific

Journal, Vol. 2, No. 1.

Kasiram, Moh. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN

Maliki Press (Anggota IKAPI).

Lukman Hakim. (2018). Taman Hikmah: Riwayat Pesantren dan Tarekat. EDUKA,

Vol. 3, No. 2.

Mulyani, Sri. (2005). Mengenal & Memahami Tarekat-Tarekat Muktabarah di

Indonesia. Jakarta: Kencana.

Nazir, Muhammad. (1999). Metodologi Penelitian, Edisi Ke-4. Jakarta: Grafia

Indoneisa.

Saleh, Fauzan. (2004). Teologi Pembaharuan. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Samsulbassar, Agus. (2018). Eksistensi Pondok Pesantren Berbasis Tarekat dalam Era Global dan Digital. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, Vol. 3, No. 1.

Suddin Bani. (2015). Kontribusi Pesantren dalam Sistem Pendidikan Nasional.

Auladuna, Vol. 2, No. 2.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Tauhid, Muhammad. (2020). Buku Panduan Mujahadah Tarekat Qadiriyyah wa

Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Al-MAdani (edisi revisi). Semarang.

Weber, M. (2009). Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyosukarto, Amir Hamzah. (2985). Bacaan Terpilih Tentang Sejarah Pendidikan

Nasional. Malang: IKIP.

Situs resmi. Pondok Pesantren Al-MAdani Kota Semarang (Dilihat pada Sabtu, 21 Mei

http://ponpesalmadani.or.id/read/2/profil

Media Z|ikir dan fikir, Munajat, ( t.kt, t.p, 2007).

Wawancara:

Wawancra dengan K.H. Muhammad Tauhid, M.Si, Al Mursyid (Pengasuh Pondok Pesantren

Al-Madani sekaligus Pemimpin TQN), Jum’at, 29 April 2022, 10.00 WIB.

Wawancara dengan Ust. Adi (Ustadz di Pondok Pesantren Al-Madani/ Abdi dalem, bagian

Kurikulum Sekolah Formal), Sabtu, 30 April 2022, 09.00 WIB.

Wawancra dengan Ibu Hj. Murningsih (Pengasuh Pondok Pesantren Al-Madani Istri dari

K.H.M Tauhid, M.Si, Al Mursyid), Jum’at, 27 Mei 2022, 09.00 WIB.

Wawancara dengan Ust. Kusnandar (Ustadz di Pondok Pesantren Al-Madani/ Abdi dalem,

bagian Madin/ Kurikulum Sekolah Informal), Sabtu, 28 Mei 2022, 13.00 WIB.

Wawancara dengan Bpk. Razikin (Jama’ah TQN/ Ust. Di Pondok Pesantren Al-Madani),

Kamis, 2 Juni 2022, 14.00 WIB.

Wawancara dengan Bpk. Thariq (Jama’ah TQN/ Murid K.H. M.Tauhid, M.Si, Al Mursyid),

Kamis, 2 Juni 2022, 16.00 WIB.

Wawancara dengan Muhammad Ilham, Azzah Liana Dewi, Dhimas, Intan (Santri Madrasah

Aliyah di Pondok Pesantren Al-Madani), Jum’at, 3 Juni 2022, 08.00 WIB.

Wawancara dengan Mellya, Wahyu, Zidan, Aulia (Santri SMP IT di Pondok Pesantren Al-

Madani), Jum’at, 24 Juni 2022, 08.00 WIB

Observasi pada Kamis-Minggu, 2 – 3 Juni 2022. Di Pondok Pesantren Al-Madani Kota

Semarang.

Observasi pada Kamis-Jum’at, 23 – 24 Juni 2022. Di Pondok Pesantren Al-Madani Kota

Semarang.

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Asiyah, S. (2022). Ajaran Tarekat dalam Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren: Studi Implementasi Ajaran Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren Al-Madani Semarang. Musala : Jurnal Pesantren Dan Kebudayaan Islam Nusantara, 1(2). https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i2.313

Terbitan

Bagian

Artikel