Urgensi Pendidikan Islam dalam Pembentukan Kesalehan Ekologis di Pondok Pesantren

Penulis

  • Muti'atul Chasanah IIQ An Nur Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i2.316

Kata Kunci:

Kesalehan Lingkungan, Pendidikan Islam, Pesantren di Indonesia, Lingkungan

Abstrak

Lingkungan hidup menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Akan tetapi, realitas saat ini menunjukkan bahwa kesadaran manusia akan tanggungjawabnya sebagai kholifah fil ardh telah sirna. Sehingga diperlukan nilai-nilai agama yang dapat menumbuhkan kembali kepedulian lingkungan dalam diri masyarakat. Lebih-lebih bisa menitegrasikan ajaran tauhid,  tasawuf, dan fikih sehingga muncul konsep lingkungan yang holistic-integral. Dalam hal ini, pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam mempunyai peran cukup penting dalam penanaman nilai-nilai Islam berbasis lingkungan. Adapun penanaman nilai tersebut sebagai bentuk upaya menumbuhkan kesalehan ekologis baik di lingkup warga pesantren maupun masyarakat luas. Kajian ini bertujuan untuk menggali lebih mendalam mengenai urgensi pendidikan Islam dalam pembentukan kesalehan ekologis di pondok pesantren. Kajian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan menjadikan sejumlah hasil kajian para peneliti terdahulu sebagai sumber data utamanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalehan ekologis atau kesadaran akan kepedulian lingkungan dapat diwujudkan melalui implementasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis ekologi di pondok pesantren.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asroni, Ahmad. (2020). “Pendidikan Agama Islam Berspektif Ekologi”, Al Qodiri:Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan, Vol.18. No.2.

Aulia, Rihlah Nur (dkk.). (2018). “Pengelolaan Lingkungan Berbasis Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren SMPMAA Lamongan, Jawa Timur)”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.19 No.1.

Fua, Jumarddin La. (2004). “Aktualisasi Pendidikan Islam dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup menuju Kesalehan Ekologis”. Jurnal Al Ta’dib, Vol. 7. No1.

Jatmiko, Agus. (2016) “Pendidikan Berwawasan Ekologi: Realisasi Nilai-Nilai Ekologis dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam”. Al-Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.7. No.1.

Kholis, Nur & Rofikatul Karimah. (2017). “Aksi Budaya Teo-Ekologi melalui Integrasi Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup”, At-Tahrir, Vol.17. No.2.

Muslim. (2007). “Akhlak Islam dalam Pengelolaan Lingkungan”, Hukum Islam, Vol. 17. No.1.

Nurulloh, Endang Syarif. (2019). “Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol.7. No.2.

Romdloni, M. Afwan. (2019). “Kiai dan Lingkungan Hidup: Mengembalikan Krisis Ekologi Berbasis Nilai Keagamaan di Indonesia”, Journal of Islamic Civilization, Vol.1. No.2.

Safei, Agus Ahmad (dkk.). (2018). Pengembangan Pesaantren Ramah Lingkungan melalui Pendekatan Intervensi Sosial, Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Bandung.

Wahyudi, Dedi & Siti Aisah. (2018). “Aktualisasi Pendidikan Islam dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup: Studi Relasi antara Pendidikan Islam dan Budaya Mistis dalam Pelestarian Lingkungan”, Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol2. No.1.

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Chasanah, M. (2022). Urgensi Pendidikan Islam dalam Pembentukan Kesalehan Ekologis di Pondok Pesantren. Musala : Jurnal Pesantren Dan Kebudayaan Islam Nusantara, 1(2). https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i2.316

Terbitan

Bagian

Artikel