Teori Double Movement dalam IT (Information Technology) Pendidikan Islam Nusantara

Penulis

  • Dwi Oktaria UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i2.322

Kata Kunci:

Pendidikan IT, Teori Double Movement, Teknologi Informasi, Islam Nusantara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teori double movement dalam IT pendidikan Islam Nusantara. Hasil temuan menunjukan, bahwasannya IT memiliki keunggulan yang hebat yakni dapat menguasai dunia, apabila digunakan secara positif. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh dengan cepat, seluruh informasi secara universal dapat diterima dengan sekejap apabila mengunakan IT. Keunggulan IT dalam pendidikan Islam Nusantara akan mempermudah guru dan siswa dalam proses pembelajaran, akan tetapi perlu pengawasan dari guru kepada peserta didik agar peserta didik tidak terjebak dalam penyalahgunaan IT dalam pendidikan. Guru harus menutup situs-situs yang membuat siswa malas untuk belajar. IT di dalam Al-Quran telah di jelaskan bahwasannya Allah swt. telah memberi petunjuk kepada manusia agar menggunakan akalnya untuk mengembangkan kecanggihan teknologi saat ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Jakarta: Gema Insani, 1999.

Darmawan, Deni, Teknologi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam dalam Sistem Penddikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Prenada Media Group, 2004.

Eko Indrajit, Richardus, Peranan Teknologi Informasi pada Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Eryanto, Kadek Yota Ernanda. Jaringan Komputer, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Rusmaini, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Felicha, 2013.

Sulianta, Feri, Rahasia dan Trik IT Paling Top Menjadi IT Expert dengan Sekejap, Yogyakarta: Andi Offset, 2015.

Sutrisno, Fazlur Rahman (Kajian terhadap Metode, Epistemologi dan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Tim Penyusun Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2003, Bandung: Fokus Media, 2003.

Undang-Undang SISDIKNAS, Bandung: Fokusindo Mandiri, 2012.

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Oktaria, D. (2022). Teori Double Movement dalam IT (Information Technology) Pendidikan Islam Nusantara. Musala : Jurnal Pesantren Dan Kebudayaan Islam Nusantara, 1(2). https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i2.322

Terbitan

Bagian

Artikel