Analisis Asesmen dan Intervensi dalam Proses Menghafalkan Al-Quran
Studi Kasus di Pondok Pesantren An-Nur Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.37252/jpkin.v2i2.542Kata Kunci:
Asesmen, Intervensi, Menghafal alquranAbstrak
Guru tentu saja memiliki peran dalam membantu keberhasilan peserta didiknya, begitu pula dalam proses menghafalkan Al-Qur’an. Dalam hal ini asesmen dan intervensi mendukung upaya guru untuk memaksimalkan perannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala santri dalam menghafalkan Al-Qur’an, Kemudian Menentukan intervensi dan program yang tepat sesuai kebutuhan. Metode penelitian ini adalah kualitatif, metode dengan cara observasi dan wawancara mendalam serta menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini, kendala santri dalam menghafalkan al-Quran adalah tentang kurangnya kemampuan santri dalam menghafalkan Al-Qur’an, kurangnya semangat santri dalam menghafalkan Al-Qur’an, serta kurangnya konsistensi santri dalam menghafalkan Al-Qur’an. Kemudian intervensi yang dilakukan adalah dengan menyesuaikan keadaan santri, tarik ulur dan ketegasan.
Unduhan
Referensi
Amanda, N. A. J. (2022). Analisis Asesmen dan Intervensi Pelaksanaan ANBK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Internal di SD Negeri 016 Loa Kulu. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 41-44.
Ammar Machmud, Kisah Penghafalal-Qur’an, (Jakarta : Elex Media, 2015) Hlm.16.
Arikunto, Suharsimi. "Metode Peneltian." Jakarta: Rineka Cipta (2010).
Aristanto, E., Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Waris, A., & Khalikussabir, K. (2020). Peningkatan Fasilitas Bagi Tahfizh Anak Usia Dini “Kuttab Rumah Quran” Menuju Persaingan Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 78-86.
Artha, G. S., Suarni, N. K., & Astawan, I. G. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Asesmen Produk Terhadap Prestasi Belajar Ipa Dengan Kovariabel Gaya Belajar. Mimbar Pgsd Undiksha, 3(1).
Bobby Herwibowo. Menghafal Al-Qur’an Semudah Tersenyum. (Sukoharjo: Cv. Farishma Indonesia, 2014) 352.
Haris Herdiansyah, Metodelogi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, (Jakarta:
Https://Annurngrukem.Com/Sejarah/ Diakses Pada 07 Juni 2022 Pukul 08.50 Wib.
Ishartiwi, I., Sukinah, S., & Taqiyah, D. B. (2023). Pelaksanaan Asesmen dan Intervensi Anak Autisme. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3127-3136.
ISKA, K. A. P. (2022). ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Karsidi, D. R. (2005). Sosiologi pendidikan.
Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 5(1).
Meriyati, M. P. Buku_Karakteristik_Meriyati_Fix_Baru.
Mubaidah, S. (2019). IMPLEMENTASIMETODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN ALQURAN SISWA (Penelitian Tindakan Kelas di SDITIstiqomah Greges Tembarak Temanggung) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Nugroho, G. B. (2022). ASESMEN DAN INTERVENSI PENDIDIKAN BAGI SISWA DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN. Psiko Edukasi, 20(1), 45-52.
Nurmina, N., Aviani, Y. I., Hermaleni, T., Rusli, D., & Lubis, A. (2019). Asesmen Dan Intervensi Psikologi Untuk Mengurangi Stres Psikologis Pada Para Ibu Di Desaku Menanti. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 1(2), 144-152.
Rajab, K., & Shofiah, V. (2019). PENGEMBANGAN MODEL ISLAMIC COGNITIVE BEHAVIOURAL THERAPY (ICBT) UNTUK MENINGKATKAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING SANTRI PENGHAFAL AL-QUR’AN (Menilik Model Pesantren Tahfidz di Indonesia dan Malaysia).
Salemba Humanika, 2010), Hlm.9.
Shernoff, David J. "Optimal Learning Environments To Promote Student Engagement." (2013): 978-1.
Sugiyono, Dr. "Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D." (2013).
Ula, M., & Risawandi, R. (2019). Sistem Pengenalan Dan Penerjemahan Al-Qur’an Surah Al–Waqi’ah Melalui Suara Menggunakan Transformasi Sumudu. Techsi-Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 104-113.
Wawancara Muhammad Arwani , 25 April 2022 Pukul 00.41 Wib
Witono, T. (2018). MENGENAL ASESMEN DAN INTERVENSI BERBASIS SPIRITUAL DAN CONTOH DARI PENANGANAN KESEHATAN MENTAL LANSIA. Quantum: Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, 14(2), 141-156.
Yusuf, A. M. (2017). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Prenada Media.
Rustam. (2021). Strategi Kepemimpinan Kiai dalam Membentuk Karakter Aswaja. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(02). https://doi.org/10.37542/iq.v3i02.133
Tyas, D. A. K. N. (2022). The Dynamics of Quranic Studies in Pondok Pesantren: Case Study of Quran studies at Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta in 1978-2018 AD. MUSALA: The Journal of Pesantren and Nusantara Islamic Culture, 1(1), 1–25. https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i1.136
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Febiola Cindi Fatika Dita, Nurjannah Nurjannah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution (CC-BY) 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori institusi, repositori disipliner, atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan.