Hadis-Hadis Akhlak dalam Kitab al-Majalis al-Saniyyah fi al-Kalam ‘ala Arba’in al-Nawawiyah
Studi Kitab Syarah Hadis di Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.37252/jpkin.v2i2.558Kata Kunci:
Akhlak, Hadis Akhlak, Syarah Hadis, al-Majalis al-SaniyyahAbstrak
Pengamalan ajaran Islam terkait dengan akhlak merupakan salah satu aspek yang dititikberatkan dalam pendidikan di pesantren. Tulisan ini mengkaji tentang hadis-hadis akhlak yang terdapat dalam kitab al-Majalis al-Saniyyah fi al-Kalam ‘ala Arba’in al-Nawawiyah sebagai kitab kuning yang sampai sekarang tetap diajarkan di pesantren. Kitab tersebut memuat syarah atau penjelasan dari kitab Arbain Nawawi, dimana kitab ini juga banyak diajarkan di pesantren-pesantren di Indonesia yang berisikan kumpulan hadis yang berhubungan dengan akidah, fiqih dan mayoritas akhlak. Metode yang digunakan adalah deskriptif-analitis dengan pendekatan studi analisis kitab (bahsu al-kutub) untuk mengetahui: (1) apa urgensi pengajaran kitab tersebut di pesantren, (2) bagaimana sistematika dan metode yang digunakan dan (3) apa saja hadis-hadis akhlak yang terdapat dalam kitab tersebut dan bagaimana pengarang kitab menjelaskan makna hadis-hadis itu. Artikel ini menemukan bahwa; Pertama, kitab ini perlu tetap diajarkan karena kitab matan hadisnya, yaitu Arbain Nawawi belum menjelaskan makna yang terkandung dalam hadis. Kedua, sistematika penulisan mengikuti sistematika penulisan kitab Arbain Nawawi dan metode yang digunakan adalah metode tahlili. Ketiga, dalam kitab ini terdapat 24 hadis terkait dengan akhlak. Ketika menjelaskan makna hadis, pengarang kitab menyertakan ayat-ayat al-Qur’an, hadis-hadis Nabi Saw. lain yang setema, serta menyebutkan faedah-faedah dan kisah-kisah yang bermanfaat terkait dengan tema hadis.
Unduhan
Referensi
Ali, N. 2007. Kontribusi Imam Nawawi dalam Penulisan Syarh Hadis. Disertasi Program Doktoral UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diakses dari https://digilib.uin-suka.ac.id/14521/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Anak Santri (2023, Maret) Terjemah al-Majalisus Saniyyah Syarh Arb’in an-Nawawi. Diakses dari https://tedisobandi.blogspot.com/2023/03/terjemah-al-majalisus-saniyyah-syarah.html
Ary, Donal. et. Al. (1982). Pengantar Penelitian Pendidikan, terj. Arif Furchan (Surabaya: Usaha Nasional.
Azra, A. (2002). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millennium Baru, Jakarta : Logos Wacana Ilmu.
----------------. dkk, (20025). Ensiklopedi Islam, Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, Jil. 1.
Bruneissen, Martin van. (2015) Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat, Yogyakarta: Gading Publishing, cet. II.
Chairi, Effendi. (2019). Pengembangan Metode Bandongan dalam Kajian Kitab Kuning di Pesantren Attarbiyah Guluk-Guluk dalam Perspektif Muhammad Abid al-Jabiri, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4 (1).
Efendi, N. (2014). Manajemen Perubahan Di Pondok Pesantren, Yogyakarta: Teras. 133.
Fasyani. Ahmad bin Hijazi al-, (tth) al-Majalis al-Saniyyah fi al-Kalam ‘ala Arba’in al-Nawawiyah, Mesir: Mat}ba’ah al-Miniyyah,
Ghazali, Al-Imam Abu Hamid Muhammad Ibn Muhammad al-. (2005). Ihya’ ‘Ulum al-Din, Beirut: Dar Ibn Hazm.
Hasanah, Fatimatul. 2022. Implementasi Hadis-Hadis Akhlak Dalam Kitab Arba’in Nawawi (Studi Living Hadis) di Pondok Pesantren Madinatul Ulum (putri) Cangkring Jenggawah Jember”, Skripsi, UIN KH. Achmad Siddiq, Jember. Diakses dari http://digilib.uinkhas.ac.id/4495/1/FATIMATUL%20HASANAH_U20162030.pdf
Husin, Nixon. (2015) Hadis-Hadis Nabi SAW tentang Pembinaan Akhlak”, Jurnal An-Nur vol. 4 (1)
Iskandar, NM, dkk. (2022) Konsep Akhlak dalam perspektif Hadis Nabi Menggunakan Metode Tematik, Gunung Djati Conferens Series, vol. 5.
Kurikulum dan Jenjang Pendidikan. Diakses pada September 29, 2023 dari https://www.mudimesra.com/p/kurikulum-dan-jenjang-pendidikan.html
Marwiyah, S. 2022. Pengembangan Budaya Pesantren Berbasis Kearifan Lokal di Pondok Pesantren Putri Salafiyah Bangil dan Pondok Pesantren Ali Ba’alawi Kencong Jember, Disertasi Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Jember, hlm. 170. Diakses http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15013
Mufti, S. (2021, Maret 12). Ngaji Kitab Al-Majalis As-Saniyyah. Diakses dari https://www.facebook.com/thohiriyyah/videos/234883581699777/
Muthi’ah, A. (2019). Metode Pembelajaran Musthalahul Hadis di Pondok Pesantren Darussalam Buntet Cirebon. Jurnal Studi Hadis Nusantara, 1 (2)
Nur Tata (2023, April 13)Ngaji Posonan di Nurussalam itu Nyaman. Diakses dari https://almunawwir.com/ngaji-posonan-di-nurussalam-itu-nyaman/
Qudsiah, SR. 2018. Studi Hadis-Hadis Akhlak dalam Kitab Arba’in Nawawi, Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/41758/1/RIFQOH%20QUDSIAH-FUF.pdf
Rofingi, M. (2022). Pendidikan Akhlak Anak: Sebuah Tawaran Kajian di Pesantren Studi Kitab Simthu al-Iqyan karya Abdullah bin Ahmad Basaudan. Musala : Jurnal Pesantren Dan Kebudayaan Islam Nusantara, 1(1), 50–63. https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i1.153
Shihab, M. Q. (2014). Wawasan Al-Qur’an, Bandung: PT Mizan Pustaka.
Steenbrink, Karel A. (1991). Pesantren Madrasah Sekolah, terj. Abdurrahman, Jakarta: LP3ES,
Suryadilaga, MA. (2017). Metodologi Syarah Hadis Dari Klasik Hingga Kontemporer, Yogyakarta: Kalimedia.
Wahid, A. (2012). Hadis-Hadis Fenomenal Seputar Akhlak Dari Sanad Hingga Matan, Aceh: PENA.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution (CC-BY) 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori institusi, repositori disipliner, atau di situs web mereka) setelah diterbitkan pertama kali di jurnal Musala.