Literasi Santri-Mahasiswa Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri
Eksistensi, Karakteristik dan Tantangan
DOI:
https://doi.org/10.37252/jpkin.v3i1.742Kata Kunci:
Literasi Digital, Santri MahasiswaAbstrak
Artikel ini membahas tentang eksistensi, karakteristik dan tantangan literasi digital yang berfokus pada hasil penelitian terhadap santri-mahasiswa UIT Lirboyo Kediri. Literasi digital menjadi tema aktual yang banyak diteliti kaitannya dengan mengukur dan menelaah fenomena literasi digital di masyarakat. Termasuk yang perlu dijadikan sasaran penelitian adalah literasi digital santri-mahasiswa. Penelitian terhadap tema ini menjadi penting untuk melihat fenomena literasi digital dalam dunia pesantren. Penelitian ini fokus pada beberapa hal, (1) eksistensi, (2) karakteristik, dan (3) tantangan literasi digital pada santri-mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan informan dari para santri-mahasiswa sebagai sumber primer dan objek sentral penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa eksistensi literasi digital pada santri-mahasiswa cukup kuat dan variatif, terutama berkaitan dengan hal-hal yang menjadi tugas seorang santri yang sekaligus sebagai mahasiswa, seperti kebutuhan pemenuhan tugas. Adapun karakteristik literasi digital santri-mahasiswa juga cukup variatif, seperti nilai efisien dan tepat guna, eksploratif, komunikatif dan pengolahan skill.
Unduhan
Referensi
Anwar, R. K., Komariah, N., & Rahman, M. T. (2017). Pengembangan Konsep Literasi Informasi Santri: Kajian di Pesantren Arafah Cililin Bandung Barat. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 2(1), 131–142.
Aulia, T. N., & Asbari, M. (2023). Bahaya Digital Fatigue pada Kesehatan Mental: Analisis Singkat Perspektif Rhenald Kasali. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 30–33.
Badrus, B., & Andriawan, D. (2023). Developing Learner Independence As A Pillar Of Sustainable Development Goals (Sdgs). International Conference on Research and Community Services (ICORcs), 2(1), 1–13.
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417
Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
Hidayat, M. (2017). Model komunikasi kyai dengan santri di pesantren. Jurnal Aspikom, 2(6), 385–395.
Iskandar, H. (2018). Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri (AIS) Banyuwangi Melalui Literasi Digital Santri. UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Ja’far, A. (2019). Literasi Digital Pesantren: Perubahan Dan Kontestasi. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 8(1), 17–35. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v8i1.156
Janah, A. N., & Harsono, H. (2023). Penerapan Literasi Digital dan Literasi Ekonomi Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP), 1(1), 77–83.
Juliana, E., Marwiah, M., & Iskandar, I. (2022). Internalisasi Makna Pesan Moral Batti’-Batti’dalam Pemertahanan Nilai-Nilai Karakter Masyarakat Kepulauan Selayar. Jurnal Konsepsi, 10(4), 382–395.
Julianto, P. (2018). Pengaruh Sistem Kearsipan Terhadap Efisiensi Kerja Pada Kantor Camat Air Hangat Kabupaten Kerinci. Jurnal Administrasi Nusantara, 1(2), 16–29.
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa universitas muhammadiyah bengkulu. Jurnal komunikator, 8(2), 51–66.
Kustiawan, W., Hasibuan, A. A., Lubis, N., Fayrozi, M. F., & Maisarah, M. (2023). Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Infrastruktur Nasional di Era Digital. Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, 5(2), 202–207.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.
Maskur, A. (2019). Penguatan Budaya Literasi di Pesantren. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 1–16.
Maulida, M. (2020). Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian. Darussalam, 21(2).
Millati, H. (2022). Digital Dakwah of Pesantren: Virtual Ethnography Study on Instagram Account LIMOFFICIAL_LIRBOYO and Youtube Account LIM Production. ICOBBA_2021, 141= 147-141= 147.
Mulyana, D., & Rakhmat, J. (1990). Komunikasi antarbudaya. Remaja Rosdakarya. https://www.academia.edu/download/47188126/1.pdf
Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 49–55.
Nurhasanah, N., Suherman, E., & Budilestari, P. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Peningkatan Kemampuan Eksplorasi Matematika pada Siswa. Educare, 10–19.
Profil IAI-Tribakti – Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri. (2024). https://uit-lirboyo.ac.id/profil-iai-tribakti/
Putra, A. E., Rohman, M. T., Linawati, L., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201–211. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.185
Qomarul Huda, M., Mujib, A., & Sulaeman, M. (2022). Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 di Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri. Jurnal SOLMA, 11(2), 337–346. https://doi.org/10.22236/solma.v11i2.8111
Saputra, H., Kamil, P., & Cholis, N. (2023). Aktivitas Komunikasi Suku Anak Dalam (Sad) Desa Sungai Jernih Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Setiawan, E. (2016). Kamus besar bahasa indonesia. KBBI Offline versi, 1(1).
Surur, A. M., & Sumbulah, U. (2023). Hadith Regarding the Law of Tabarruk against Habaib: Living Hadith Study of Gedongsari Prambon Nganjuk Islamic Boarding School. ADDIN, 17(2), 297–320.
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku.
Zabidi, M. N. (2021). Keefektifan upaya meningkatkan literasi digital pada pesantren rakyat di Al-Amin Sumber Pucung Malang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 48–58.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Didik Andriawan, Aziz Miftahus Surur, Filda Amalia, Syilvia Melinda Sulvadia, Atina Rusyda
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution (CC-BY) 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori institusi, repositori disipliner, atau di situs web mereka) setelah diterbitkan pertama kali di jurnal Musala.