Efikasi Diri dan Mata Kuliah Pengajaran Mikro sebagai Variabel yang Mempengaruhi Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Authors

  • Grahita Salsabila Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Ratno Purnomo Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Lina Rifda Naufalin Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Keywords:

Efikasi Diri, Pengajaran Mikro, Kesiapan Mengajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan mata kuliah pengajaran mikro terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unsoed. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 dan 2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert 1-5. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri tidak berpengaruh terhadap keispaan mengajar mahasiswa, (2) mata kuliah pengajaran mikro berpengaruh positif terhadap kesiapan mengajar mahasiswa.

References

Agusti, I. S. (2020) Pengaruh Efikasi Diri dan Prestasi Akademik Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Stambuk 2016 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Niagawan Journal. 9(1). 65-72. Diakses dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/niagawan/article/view/17657

Arifin, M., Putro, S., & Putranto, H. (2015). Hubungan Kemampuan Efikasi Diri dan Kemampuan Kependidikan dengan Kesiapan Menjadi Guru TIK Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. Jurnal Teknologi Kejuruan dan Pengajarannya. 37(2). 129-136. Doi: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v37i2.4429

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Atikah, T. P., & Harsono, M. S. (2018). Minat Mengajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Surakarta Dilihat Dari Kualitas Micro Teaching dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) (doctoral dissertation). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Azizah, N., & Rahmi, E. (2019). Persepsi Mahasiswa Tentang Peranan Mata Kuliah Micro Teaching Terhadap Kesiapan Mengajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unp. Jurnal Ecogen, 2(2), 197-205. Doi: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.7312

Galangrendika, A. H., & Marsono, A. S. (2020). Pengaruh Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan Pembelajaran Microteaching Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran. 3(1). 1-8. Doi: http://dx.doi.org/10.17977/um054v3i1p1-8

Hapsari, P. R. N. (2017). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan(PPL) dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Melalui Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi tahun angkatan2013 FE Unnes) (skripsi). Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Komalasari, S. D. (2015). Pengaruh Pembelajaran Mikro (Micro Teaching) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (doctoral dissertation). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Komariyah, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Tata Niaga Mahasiwa Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang (skripsi). Fakultas Pendidikan Tata Niaga. Universitas Negeri Malang. Malang.

Kurniasari, I. D. (2016). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (skripsi). Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Lunenburg, Fred C. (2011). “Self-Efficacy in the Workplace: Implication for Motivation and Performance”. International Journal of management, Bussines, and Administration. 14(1). 1-6. Doi: 10.12691/education-6-1-3

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sukirman, Dadang. (2012). Pembelajaran Micro teaching. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Wafa, M., & Kusmuriyanto, K. (2020). Peran Praktik Pengalaman Lapangan dalam Memediasi Pengaruh Self Efficacy dan Penguasaan MKDK terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal. 9(2). 584-600. Doi: https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39466

Wahyudi, R., & Nurhasan Syah, M. P. (2019). Hubungan Minat Menjadi Guru dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education). 6(1). 1-5. Doi: https://doi.org/10.24036/cived.v6i1.104955

Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL), minat menjadi guru, dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang profesional. Economic Education Analysis Journal. 5(1). 100-114. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9989

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Salsabila, G., Purnomo, R., & Rifda Naufalin, L. (2022). Efikasi Diri dan Mata Kuliah Pengajaran Mikro sebagai Variabel yang Mempengaruhi Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Quranomic: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 165–183. Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/247