Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting

Authors

  • Muhammad Jailani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Ummi Qudsiyah IAIN Palangkaraya
  • Siti Khomariah Martrini Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Keywords:

Hasil Belajar, Ekonomi, Metode Problem Solving, Zoom Meeting

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi di kelas XI IPA 3 peserta didik menggunakan Metode pembelajaran  Problem Solving.Metode dan jenis penelitian yang di gunakan adalah PTK . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan metode Problem Solving Berbantuan Zoom menjadi baik. Hal tersebut sesuai dengan data Observasi yakni. Pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,37 dengan kriteria baik. (2) Aktivitas guru dalam pembelajaran Ekonomi menggunakan Metode Problem Solving Bebantuan Zoom menjadi baik. Hal tersebut sesuai dengan data Observasi yakni, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,35 dengan kriteria baik  (3) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan Metode Problem Solving Berbantuan Zoom pada pelajaran Ekonomi materi Perpajakan. Hal ini dapat di buktikan dari hasil belajar yang mereka peroleh. Pada pra tindakan dengan rata-rata 48,52 dengan ketuntasan 11,76% dan pada siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata 69,54 dengan ketuntasan klasikal 100%.

References

Anika, P. (2010). Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Anitah W, dkk. (2011). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Areend Ruchard.(2008). Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Aris Shoimin.(2014), 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzmedia.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Departemen Agama RI. (2003). Kumpulan Undang-Undang dan Peraluran Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: Tim Penulis.

Diplan & M. Andi Setiawan. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. CV Budi Utama.

Djamara, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dhukhurmatin, K., Munjahid, & Mujawazah. (2022). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kreativitas Belajar Tematik di Masa Pandemi pada Siswa Kelas II C MIN 1 Bantul Yogyakarta. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 1(2), 177–194. Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/QuranicEdu/article/view/194

Gulo, W.(2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo Muliibbin, 2011, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kristina, Merry. (2015), Upaya Meningkatkan Hash Belajar Matematika Menggunakon Media Kertas Berwarna pada Peserta Didik Kelas IV di SDS Kristen Parahap Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi: UM Palangkaraya.

Miftahurrohman, M., Ichsan, A. S., & Yunianta, R. D. (2021). Upaya Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 MI Sananul Ula Piyungan Bantul Yogyakarta pada Masa Pandemi. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 1(1), 19–39. https://jurnalannur.ac.id/index.php/QuranicEdu/article/view/112

Wuriyani, W., Samsudin, S., Asrofi, M., & Ichsan, A. S. (2021). Gaya Belajar Siswa Kelas III A dalam Pembelajaran Tematik di MIN 3 Bantul Yogyakarta. Primary?: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(1), 43–58. https://doi.org/10.32678/PRIMARY.V13I1.3769

Muhibbin, Syah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Muliawati, Wem. (2010). Ilmu Ekonomi. Jakarta: Kencana.

Ningsih, Gustavia Sari. (2014). Upaya Meningkatkan Hash Belajar JPS Melalui Model Jigsaw Tim Ahiipada SMA GUPI Palangkaraya. Universitas Muhammadiyah. Palangkaraya.

Riyana, Ilyasih. (2008). Pemanfaatan OHP dan Presentasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Cipta Agung.

Rudianto. (2007). Ilmu Ekonomi. Jakarta: Kencana

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sadirman, Arief S. dkk. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo

Sanjaya, Wina. (2009). Strategis Pembelajaran Berorienlasi Siandar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyaningsih, Nety. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Pembelajaran Peta Pikiran pada Peserta Didik Kelas Iva SDN 6 Menteng Palangka Raya. Skripsi: UM Palangkaraya.

Shoimin, Ms. (2014), 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.

Sudinuan, dkk. (2005). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya.

Sumiati dan Azra .(2008). Metode Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thobroni. Muhammad dan Mustofa, arif. (2011). Belajar Dan Pembelajaran:Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelaja Ran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Trianto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT bumi Aksara

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Jailani, M., Ummi Qudsiyah, & Martrini, S. K. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting. Quranomic: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 119–126. Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/325