Pengaruh Tingkat Religiusitas Karyawan terhadap Minat Membangun Bisnis pada CV. Idea Sejahtera Sewon Bantul

Authors

  • Hasan Bisri Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
  • Puji Solikhah Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
  • M. Arif Kurniawan Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta

Keywords:

Religiusitas, Minat Bisnis, Karyawan

Abstract

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas karyawan terhadap minat membangun bisnis pada karyawan CV. Idea Sejahtera, Sewon, Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian sensus dengan pendekatan metode kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang dilakukan terhadap 35 karyawan CV. Idea Sejahtera, Sewon, Bantul. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan teknik sampling total sebanyak 100 orang. Hasil uji dan analisis data penelitian yang telah dilakukan tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, ada pengaruh antar variabel X “tingkat religiusitas karyawan” terhadap variabel Y “minat membangun bisnis” pada karyawan CV. Idea Sejahtera Sewon Bantul.

References

Abdulloh, Ma’ruf. 2011. Wirausaha Berbasis Syariah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Anwar, D. (dkk). 2019. Pengaruh Religiusitas dan Komunitas terhadap Motivasi Berwirausaha para Pemuda. JEBI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 4, No. 2.

Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fadillah, A (dkk). 2019. “Kajian Minat Studi Lanjut Siswa-Siswi SMA dan SMK Kota Bogor Ke Perguruan Tinggi”. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia). Vol. 3, No. 1.

Fauzan, F. 2014. “Hubungan Religiusitas dan Kewirausahaan: sebuah Kajian Empiris dalam Perspektif Islam”. Jurnal Ekonomi Modernisasi. Vol. 10. No. 2.

Gunawan, Ce. 2020. Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition Buku Untuk Orang Yang (Merasa) Tidak Bisa dan Tidak Suka Statistika, Yogyakarta: Deepublish.

Herweni, Nela (dkk). 2019. “Pengaruh Religiusitas Dan Lingkungan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (Doctoral Dissertation)”. Skripsi. Uin Sulthan Thaha Saifuddin. Jambi.

Ismayani. Adde. 2019. Metodologi Penelitian. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Jumal, Ahmad. 2020. Religiusitas, Refleksi Dan Subjektivitas Keagamaan. Yogyakarta: Deepublish.

KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/minat pada 22 April 2021.

Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Quran dan Terjemah. Jakarta selatan: CV. Mulia Abadi.

Latifah, Eny. 2020. Pengantar Bisnis Islam. Grobogan: CV. Sarnu Untung.

Liberti.2013. Statistika. Yogyakarta: Idea Press.

Noor, Juliansyah. 2017. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Panorama, Mujahirin Maya. 2018. Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yokyakarta: Idea Press.

Qorina, Umdatul. 2019. “Pengaruh Terpaan Media Dakwah “Pemuda Hijrah” Melalui Instagram Terhadap Sikap Religiusitas (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Followers Instagram @Shiftamedia.Id)”. Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahmawati, Yulia. Wiwin Novita Sari. dan Tati Setiawan. 2017. “Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Bogauniversitas Pendidikan Indonesia”. Jurnal Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner, Vol. 6, No. 2.

Sahroni, Oni, dan Ir. Adiwarman A Karim. 2015. Maqashid Bisnis Dan Keuangan Islam. Depok: Rajawali Press.

Situmorang, Syafrizal Helmi. 2012. Bisnis: Konsep dan Kasus. Medan: USU Press.

Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodiq. 2013. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Soewarno. 2021. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Sofyan, R. 2011. Bisnis syariah, Mengapa Tidak?: Pengalaman Penerapan Pada Bisnis Hotel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suryana. 2013. Kewirausahaan: Kiat Dan Proses Menuju Sukses” Edisi 4. Jakarta: Selemba Empat.

Suryadi, Bambang, dan Bahrul Hayat. 2021 Religiusitas. Jakarta Pusat: Bibliosmia Karya Indonesia.

Susanto, A.B. 2009. Leadpreneurship. Jakarta: Erlangga Group.

Suyono.2018. Analisis Regresi Untuk Penelitian Ed. 1. Cet. 1. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Hasan Bisri, Solikhah, P., & Kurniawan, M. A. (2022). Pengaruh Tingkat Religiusitas Karyawan terhadap Minat Membangun Bisnis pada CV. Idea Sejahtera Sewon Bantul. Quranomic: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 184–206. Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/326