ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN QRIS PADA GENERASI MILENIAL KABUPATEN SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.37252/jebi.v2i2.374Keywords:
TAM, Attitude Toward Behavior, Perceived Risk, Millennial Generation's, QRISAbstract
Perkembangan teknologi berjalan sangat cepat. Salah satu perkembangan tersebut adalah berkembangnya financial technology dimana terjadi pola perubahan pembayaran yang awalnya tunai menjadi digital. Perubahan tersebut memunculkan teknologi baru yaitu QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Meskipun QRIS sudah banyak digencarkan, tampaknya belum banyak pengguna QRIS. Maka penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude Toward Behavior, dan Perceived Risk terhadap Keputusan Penggunaan QRIS Generasi Milenial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data primer. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan cara purpossive sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner sehingga didapatkan 100 responden yang berusia 15-29 tahun di Kabupaten Sukoharjo. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude Toward Behavior, dan Perceived Risk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Penggunaan QRIS Generasi Milenial.
References
Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 4(3), 399–409. Https://Doi.Org/10.32639/Jimmba.V4i3.121
Aryadhe, T., Suryani, A., & Sudiksa, I. B. (2018). Pengaruh Sikap Dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Dan Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3), 1452–1480.
Cao, M., Li, J., Tang, J., Chen, C., & Zhao, Y. (2016). Gold Nanomaterials In Consumer Cosmetics Nanoproducts: Analyses, Characterization, And Dermal Safety Assessment. Small, 12(39), 5488–5496. Https://Doi.Org/10.1002/Smll.201601574
D, D. F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Technology. Mis Quarterly, 13(3), 319–340.
Faizani, S. N., & Indriyanti, A. D. (2021). Analisis Pengaruh Technology Readiness Terhadap Perceived Usefulness Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Behavioral Intention Dari Quick Response Indonesian Standard (Qris) Untuk Pembayaran Digital (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi E-Wallet Go-Pay, Dana, Ovo. Journal Of Emerging Information System And Business Intelligence (Jeisbi), 2(2), 85–93. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jeisbi/Article/View/39738
Febrilia, I., Pratiwi, S. P., & Djatikusumo, I. (2020). Minat Penggunaan Cashless Payment System –Dompet Digital Pada Mahasiswa Di Fe Unjika. 11(1), 1–19.
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(2), 198–209. Https://Doi.Org/10.33373/Dms.V8i2.2155
Maghfira. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Pembayaran Go-Pay.
Mahendra, I. (2016). Penggunaan Technology Acceptance Model ( Tam ) Dalam Mengevaluasi Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Pada Pt . Ari Jakarta. Jurnal Sistem Informasi Stmik Antar Bangsa, 2, 183–195.
N, E., & L, N. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi Ovo. 1–20.
Nurzanita, R., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay Di Surabaya Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Akuntabel: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 17(2), 277–288.
Pratama, A., Moh. Saleh, F., Zahra, F., & Afdhalia, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Empiris Pada Nasabah Perbankan Konvensional Di Kota Palu). Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 02(2622), 204–216. Https://Doi.Org/10.2307/3615019
Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis , 5(2).
Schmith B. (2010). Experience Marketing: Concepts, Frameworks And Consumer Insights. Foundations And Trends® In Marketing. 5(2), 55–112.
Seputri Wirda, Soemitra Andri, B. R. N. A. (2023). Mes Management Journal. 2, 116–128.
Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). Qris Di Mata Umkm: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi Umkm Menggunakan Qris. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10, 921. Https://Doi.Org/10.24843/Eeb.2020.V09.I10.P01
Syaifuddin, A. F., Rahman, K., Baru, G., Kantor, I., Bank, P., & Solo, I. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Qris Sebagai Metode Pembayaran Pada Masa Pandemi. Asjif, 1(1), 1–21.
Yogananda, A. S., & Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal Of Management, 6(4), 1–7.
Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). Isoquant?: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90. Https://Doi.Org/10.24269/Iso.V3i1.243
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Miftaqul Jannah, Fuad Hasyim, Lina Evira Permata Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.