DETERMINAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Penjual Pakaian di Pasar Tradisional Karangkobar Banjarnegara)

Authors

  • Risa Fitriyani Institut Ilmu Al Quran An Nur Yogyakarta
  • Mohamad Faozi Institut Ilmu Al Quran An Nur Yogyakarta

Keywords:

Justice, Honesty, Good Behavior and Income

Abstract

Perkembangan ekonomi yang sangat pesat membuat persaingan bisnis semakin tinggi. Perilaku menyimpang masih banyak dijumpai di pasar tradisional seperti mengurangi jumlah takaran dan timbangan, mencampurkan kualitas baik dan kualitas buruk, serta tidak dermawan atau tidak ramah dalam melayani pembeli dengan menampilkan ekspresi wajah yang tidak ramah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang termasuk penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Hasil yang diperoleh adalah variabel keadilan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Variabel kejujuran secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Variabel perilaku secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Variabel keadilan, kejujuran, dan perilaku baik secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan

References

Anggraini Ivana. (2018). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Pasar Rukoh Banda Aceh. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Arifin Johan. (2009). Etika Bisnis Islam. Semarang: Walisongo Press

Djakfar Muhammad. (2012). Etika Bisnis Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Jakarta: Penebar Plus.

Djakfar Muhammad. (2012). Etika Bisnis Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Jakarta: Penebar Plus.

Endang Aselina. (2020). Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Astrid Desy, Anindya. (2017). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pada Wirausaha Di Desa Delitua Kecamatan Delitua. Sumatera:Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Ikhwani Nasution, Ya’ti. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Kesejahteraan Pedagang (Studi Kasus Pedagang Pusat Pasar Medan). Medan: UIN Sumatera Utara.

Iskandar. (2017). Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Pengeluaran Rumah Tangga Miskin Di Kota Langsa. Aceh: Universitas Samudra Langsa Aceh.

Mardiyah Ema, Asep Suryanto. (2010). Analisis Penerapan Etika Bisnis Syari’ah di Pasar Tradisional Singaparna Kab. Tasikmalaya. Tasikmalaya: Fakultas Ekonomi Universitas Tasikmalaya.

Nur Latifah, Siti. (2019). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Muhammad SAW Terhadap Customer RetentionDan Dampaknya Terhadap Peningkatan Pendapatan Internal Stakeholders (Studi Kasus Pada Unit Usaha Penjualan Dan Jasa Penggilingan Daging Pelita Jaya Jember). Lumajang: IAI Syarifuddin

Yusuf Saputra, Faisal. (2016). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pengusaha Laundry Di Kecamatan Tembalang. Semarang: UIN Walisongo.

Umi Kalsum, Sri. (2020). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Pada Usaha Mikro dan Usaha Kecil di Kecamatan Watang Sawitto KabupatenPinrang. Makassar: UIN Alauddin

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Fitriyani, R. ., & Faozi, M. (2023). DETERMINAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Penjual Pakaian di Pasar Tradisional Karangkobar Banjarnegara). Quranomic: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 142–162. Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/505