Quranomic: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic <p>Quranomic: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (E-ISSN: 2985-8763) merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta. Jurnal ini di bawah naungan Rumah Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Januari dan Juli. Jurnal ini berisi artikel ilmiah dari hasil penelitian, analisa dan kajian teoritis di bidang ekonomi dan bisnis Islam. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ilmu pengetahuan untuk dijadikan sebagai sarana komunikasi antara akademisi, praktisi, peneliti, mahasiswa, dan pemerhati studi ekonomi dan bisnis Islam.</p> en-US leody1986@gmail.com (Muhammad Arif Kurniawan, M.E.I.) ahmad.shofiyuddin.ichsan@gmail.com (Ahmad Shofiyuddin Ichsan, M.A., M.Pd.) Tue, 30 Jul 2024 19:08:12 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peran Enterpreneur Oriantation dalam Mendorong Social Media Adoption dan Creativity Product untuk Meningkatkan Bisnis Performance https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/804 <p><em>This research aims to determine the influence of entrepreneurial orientation on business performance mediated by social media adoption and product creativity. The research population was all culinary MSMEs in the city of Salatiga with a sample of 100 samples using the Lemeshow formula, purposive sampling method and data collection using a questionnaire. Data was processed using SmartPLS 4.0 software with a Partial Least Square approach. The findings of this research are: 1) There is a positive and significant influence between entrepreneurial orientation, business performance, social media adoption and product creativity. 2) social media adoption has a significant positive effect as a mediating variable, but product creativity has an insignificant positive effect as a mediating variable on the influence of entrepreneurial orientation on business performance. The contribution and new value of this research is that it provides a new perspective on the Service Dominant Logic theory and a further description of the role of entrepreneurial orientation on business performance. This shows that high levels of social media adoption and product creativity tend to increase entrepreneurial orientation and business performance.</em></p> Faqih Nabhan, Luluk Silfiyah Copyright (c) 2024 Faqih Nabhan, Luluk Silfiyah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/804 Tue, 30 Jul 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing dan Aksesibilitas Terhadap Minat Menabung Generasi Z pada Bank Syariah https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/913 <p><em>This research aims to determine the influence of sharia financial literacy, digital marketing and accessibility factors on generation Z's interest in saving at sharia banks. This research uses quantitative methods with multiple linear regression analysis and is processed using the SPSS version 25 program. Data was obtained through a questionnaire shown to generation Z in Jepara Regency. This research took 97 respondents as samples which were calculated using the Slovin formula with a purposive sampling technique. The results of the research show that based on the results of hypothesis testing, the results show that sharia financial literacy, digital marketing and accessibility have a significant positive effect on generation Z's interest in saving at sharia banks.</em></p> Mahmudah Sadiah, Devi Amalia Puspa Copyright (c) 2024 mahmudah sadiah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/913 Tue, 30 Jul 2024 00:00:00 +0700 Analisis Hukum Islam Terhadap Implementasi Bisnis Syariah pada Platform E-Commerce https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/823 <p>Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam tentang hukum Islam dalam konteks platform <em>e-commerce</em>, yang berfungsi sebagai panduan mendasar bagi para penjual dalam operasi bisnis mereka saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yang melibatkan analisis mendalam terhadap berbagai referensi yang relevan dengan tema. Teori, konsep, dan praktik yang berkaitan dengan penerapan hukum Islam dan prinsip-prinsipnya pada <em>e-commerce</em> dieksplorasi secara sistematis untuk memahami kompleksitas dan implikasinya dalam bisnis Islam. Hasil analisis menunjukkan bahwa Islam memperbolehkan platform <em>e-commerce</em> selama mereka mematuhi prinsip-prinsip syariah, seperti larangan riba, gharar, maysir, transparansi, kejujuran, kontrak yang sah, dan sistem pembayaran yang aman. Implikasi dari penelitian ini termasuk pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana prinsip-prinsip penjualan dapat diterapkan secara kontekstual dan inovatif dalam bisnis syariah yang berkelanjutan, yang dapat meningkatkan stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.</p> Syifa Nur Latifah, Evita Yuliatul Wahidah, Amany Amany Copyright (c) 2024 Syifa Nur Latifah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/823 Tue, 30 Jul 2024 00:00:00 +0700 Peran Motivasi Kerja Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan di Toko H. Anwar Bantul dalam Perspektif Maqosyid Syariah https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/936 <table width="621"> <tbody> <tr> <td width="454"> <p>&nbsp;</p> <p><em>Based on observations, there are still some employees who are less professional at work, so work motivation is needed to increase employee productivity. This study aims to determine the factors that cause the need for work motivation to increase employee productivity, a form of realization of work motivation to increase employee productivity in the perspective of sharia maqasid. This study used descriptive qualitative. Data collection through interviews, observations and documentaries to obtain picture data from the object of research. The results of this study are categorized into 2 factors, namely internal factors in the form of meeting needs and increasing knowledge and skills as well as external factors in the form of relationships between superiors and subordinates and the work environment. As for the form of realization of work motivation, a person is encouraged to become more enthusiastic at work, income increases and employees become more productive. It is inseparable from the view of the sharia maqasid that employees have undergone a dharuriyah need in the form of maintaining religion, which is, employees have no compulsion regarding their beliefs. Maintaining the soul is that employees work to meet their needs. Maintain reason, namely employees’ always maintain their health by avoiding intoxicating drinks and drugs. Keeping offspring yes that employees prepare to marry by through work efforts. Safeguarding property is income obtained lawfully through trading.</em></p> </td> </tr> </tbody> </table> Ahmad Sholahudin Rifa'i Copyright (c) 2024 Ahmad Sholahudin Rifa'i https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/936 Tue, 30 Jul 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Perkembangan Jumlah Project Finance Sukuk Terhadap Pertumbuhan Aset Keuangan Syariah Tahun 2013-2021 https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/634 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh perkembangan <em>Project Finance sukuk </em>&nbsp;terhadap pertumbuhan aset keuangan syariah pada tahun 2014-2020. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pengolahan data E-Views 10. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana, data yang dipakai adalah data sekunder dari laporan perkembangan keuangan syariah yang ada publish di website resmi OJK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Project Finance</em> sukuk memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pertumbuhan aset keuangan syariah.</p> Natasya Ul Ashwat, M. Wakhid Mustofa Copyright (c) 2024 Natasya Ul Ashwat https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/634 Tue, 30 Jul 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Physical Evidence, Green Marketing, dan Islamic Advertising Ethics Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/898 <p>Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh physical evidence, green marketing, dan islamic advertising ethics terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) yang diberikan kepada 100 responden konsumen produk skincare Scarlett di Kota Salatiga dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan alat analisis SPSS 22. Berdasarkan uji t hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsil physical evidence tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kemudian green marketing secara parsial juga tidak berpengaruh terhadap keputusan, dan islamic advertising ethics secara parsial juga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan minat beli secara parsial juga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji path analysis menunjukan bahwa minat beli tidak memilik pengaruh mediasi pada pengaruh physical evidence terhadap keputusan pembelian. Kemudian minat beli tidak memiliki pengaruh mediasi pada pengaruh green marketing dan Islamic advertising ethics masing-masing terhadap keputusan pembelian.&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: physical evidence, green marketing Islamic Advertising ethics, minat beli, keputusan pembelian.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Rani Yulanta, Budi Utomo Copyright (c) 2024 Rani Yulanta https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic/article/view/898 Tue, 30 Jul 2024 00:00:00 +0700